Makanan Tradisional Albania

Masakan Albania berakar pada Kekaisaran Ottoman kuno. Kombinasi tanah subur subur, kedekatan dengan laut, dan garis-garis budaya buram dengan tetangga mereka telah memuncak dalam masakan modern yang beragam dan sederhana. Pengaruh modern termasuk Yunani, Italia, dan Turki.

Daging dan sayuran adalah makanan pokok, bersama dengan semur yang berat, acar kubis, keju feta, roti, nasi, dan daging asap. Sayuran yang paling populer ditanam adalah terong, paprika, tomat, mentimun, zaitun (yang menyertai sebagian besar makanan), dan kacang-kacangan. Sangat Mediterania! Vegetarian harus diperingatkan. Ada banyak salad di masa depan Anda – untungnya, ada banyak produk segar untuk dinikmati.

Perbedaan Regional

Saat berbicara tentang makanan, pelancong dapat membagi negara menjadi tiga wilayah. Di utara, pokoknya adalah jagung bubuk. Tidak hanya digunakan untuk sebagian besar roti, juga cukup fleksibel untuk membuat hidangan manis dan asin.

Iklimnya bagus di sana yang artinya ada beragam sayuran dan buah segar. Anda akan melihat sebagian besar kentang, wortel, kol, kacang merah, bawang merah, bawang putih, dan kacang kenari.

Hidangan tradisional di utara termasuk casserole daging dan sayuran, pasta, ayam, nasi, sudjuk (mirip dengan salami), dan petula (adonan goreng yang dibuat manis atau gurih). Jika Anda mengunjungi Shkoder, Anda akan dapat menikmati hidangan ikan mas dan jerawat berkat banyaknya danau dan sungai di dekatnya.

Albania tengah memiliki jenis tanah yang bisa tumbuh apa saja. Fitur unggas banyak dalam hidangan di sini – bebek, angsa, ayam, dan kalkun semuanya dibesarkan di sini.

Nelayan menangkap flounder, hinggap, belanak abu-abu, dan sol di Laut Adriatik. Anda akan menemukan telur, bayam, atau kue kubis, kue jelatang, hati, dan dadih. Tav elbasani adalah sorotan yang tidak ingin Anda lewatkan. Itu dibuat dengan memanggang daging dalam yogurt.

Sebagian besar sapi dipelihara di wilayah selatan Albania, yang berarti bahwa produk susu sering menjadi perhatian utama dalam hidangan. Ini terkenal dengan keju keras dan lunak yang fantastis, serta kefir yang begitu tebal sehingga Anda bisa memotongnya dengan pisau. Iklim di sini lebih hangat sehingga Anda akan menemukan kebun jeruk dan zaitun di seluruh area.

Wilayah lain yang perlu diperhatikan adalah wilayah Berat tempat Anda akan menemukan perkebunan ara terbesar di Balkan. Selai ara dan ara kering selalu menjadi hadiah populer.

Myzeqe menghasilkan kalkun dan Albania mengatakan kalkun dan mash (semacam rebusan) adalah yang terbaik di sini. Dan di sepanjang Albanian Riviera Anda akan menemukan pilihan makanan laut yang fantastis sepanjang tahun. Apa pun yang Anda inginkan, Anda bisa memastikannya baru ditangkap pagi itu.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar Albania adalah pegunungan – sekitar 70% sebenarnya. Desa-desa yang terletak di ketinggian lebih tinggi menggunakan organ-organ hewan. Di banyak tempat, usus dan kepala dianggap makanan lezat.

1. Hidangan daging

Hidangan daging adalah makanan yang paling banyak ditemukan di Albania. Yang paling populer adalah rebusan daging sapi muda (ferges), daging sapi panggang dalam saus susu fermentasi (rosto-misalche-kosi), kubis gulungan (sarma), dan domba yang dipetik diisi dengan daging dan sayuran (kukurech).

Hampir semua hidangan daging disajikan dengan roti dan / atau nasi, serta beberapa sayuran hijau.

2. Sup

Selama musim panas, sup dingin yang disebut tarator disajikan. Itu dibuat dengan cuka, mentimun, bawang putih, kenari, adas, dan rempah-rempah. Selama musim dingin, orang Albania memiliki banyak semur yang sehat untuk dipilih.

Cobalah sataras, semur rebusan yang dibuat dengan tomat, bawang, dan paprika. Ada juga sup daging dan bawang standar Anda (chumlek) dan daging dengan kentang (guvech).

3. Pai

Pai makan malam gurih adalah favorit di Albania. Dan mereka sama hangatnya dengan semur mereka dan sama lezatnya. Cobalah byrek, dibuat dengan kubis keju feta, bayam, tomat, dan daging yang semuanya dilapisi filo pastry yang lezat.

Kungullur adalah filo pastry dan labu, mentega, garam, atau gula. Dan akhirnya Kakllaasarem – makanan tradisional dari Kosovo, itu adalah pita berlapis tanpa bagian dalamnya dan ditutupi dengan bawang putih dan yogurt, disajikan hangat. Ini adalah makan siang khas untuk orang Albania.

4. Permen dan makanan penutup

Orang Albania pasti memiliki gigi manis dan Anda akan menemukan bahwa sebagian besar menikmati hidangan penutup dengan makanan mereka.

Ada banyak hidangan buah dan krim, serta kue dan baklava. Saat Anda mencari sesuatu untuk melengkapi makanan Anda, cari puding gandum (ashure) atau nasi (sultash), adonan goreng dalam sirup kaya (tollumba), atau buah mengkristal (oshaf). Boza, minuman malt yang difermentasi, sering menyertai makanan penutup.

Saat Anda hanya ingin memuaskan hasrat manis, lakukan seperti yang dilakukan orang Albania dan miliki halva. Ini tepung atau semolina, dengan banyak gula, dimasak untuk membuat salah satu permen paling populer di negeri ini. Pilihan lain yang sama-sama populer adalah variasi bola adonan manis atau gurih.

Tapi makanan penutup yang paling mengejutkan adalah yang terbuat dari buah segar sederhana. Buah dinikmati sepanjang tahun di Albania – memakannya segar atau membuatnya menjadi selai dan kompot. Ceri Albania terkenal – seperti pir, persik, dan apel.

5. Minuman

Albania tidak dikenal karena anggurnya, yang agak memalukan. Mereka mendapat buket dan rasa yang luar biasa. Keuntungannya adalah, karena pasar internasional belum menarik, mereka juga berbiaya rendah.

Cari warna merah seperti Shesh dan Zi, dibuat di Durres dan Tirana, Mavrod dari Leskovik, dan Calmet dari Shkoder dan Peshop. Untuk orang kulit putih, cari Riesling dari Durres, dan Shesh I Bardhe dari Tirana. Merek bir lokal termasuk Kaon, Norga, Stela dan Tirana. Skandenberg, cognac berkualitas tinggi, juga dibuat di Albania.

Minuman nasional, tanpa ragu, anggur brendi, atau Raki. Seringkali buatan sendiri, sering kuat, Anda tidak akan berhasil tanpa ditawari rasa kebanggaan nasional. Untuk minuman non-alkohol, orang Albania lebih suka espresso dan kopi Turki. Anda akan menemukan itu jauh lebih kuat di sana daripada seluruh Eropa. Presentasi Balkan disebut kafe turke dan dibuat dengan menyeduh tanah dan gula bersama-sama.

6. Spesialisasi Nasional

Hidangan nasional adalah domba panggang, nasi, dan saus yoghurt yang disebut tavë kosi. Ibu semua orang membuat yang terbaik!

Spesialisasi lainnya termasuk langkah, yang dibuat dengan merebus kepala hewan (biasanya babi, sapi, atau domba) sampai dagingnya terlepas. Kemudian dibuat menjadi sup dengan bawang, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.

Anda juga bisa mencoba harapash, hidangan berbahan dasar polenta yang dimasak dengan usus domba, mentega, keju, dan tepung jagung.

Makanan pembuka atau piring-piring makan malam biasanya disajikan dengan salami, prosciutto, keju feta, zaitun hijau, dan paprika merah panggang. Untuk mengikutinya, cobalah koran, spesies trout khas Albania, jufka, pasta buatan tangan, oofte ferguara, daging domba atau bakso daging sapi goreng yang disajikan dengan keju dan roti feta, atau flifa, pancake besar, lebih seperti kue, dibuat dengan krep berlapis dan disajikan dengan keju krim meleleh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*